Header Ads

Pentingnya Sitemap Dalam Search Engine Optimation

Joherujo - Banyak pakar SEO mengatakan tentang pentingnya sebuah website itu memiliki sitemap atau peta situs.

Sitemap sendiri merupakan suatu struktur link pada website dan saling memiliki relevansi dan keterkaitan.

Secara umum sitemap ini bisa dibagi menjadi dua, yaitu sitemap XML dan sitemap HTML. Mesin pencari populer seperti google, yahoo, bing cenderung lebih menyukai/memahami jenis sitemap XML.

Sedangkan sitemap HTML yang biasanya digunakan oleh pemilik situs untuk  menghubungkan  suatu halaman yang tidak ada di menu website. 

Meskipun mesin pencari lebih menyukai sitemap xml, tetapi keberadaan sitemap html juga tidak bisa diremehkan. Intinya, kita harus menyediakan sitemap pada website kita untuk memudahkan crawler mesin pencari mendata isi websitekita.

Dengan adanya sitemap, maka  Search Engine akan lebih mudah dalam melakukan crawl atau penjejakan ke seluruh konten yang ada di situs tersebut.

Hal ini tentuny akan berperan penting dalam popularitas website kita, kareba search engine akan bisa menyusur seluruh link yang ada di website.

So, hari gini masih belum punya sitemap? wkkk.. hehe, segeralah bangun sitemap tersebut dan daftarkan juga ke search engine. Kita bisa memulainya dengan Google Webmaster, ataupun Bing dll.
 
Sitemap adalah semacam rujukan pertama  mesin pencari ketika  melakukan crawling pada suatu website.
 
 

4 komentar:

  1. msh perlu site map ngga sih kalo blog nya sederhana banget strukturnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya sitemap itu akan membantu visitor saat mengunjungi blog ataupun website kita, maupun untuk mesin pencari untuk menemukan keseluruhan isi website kita.

      Dengan demikian akan memudahkan pencarian dan tentunya berpengaruh pada popularitas blog / web tersebut. Jadi menurut saya semua blog / website itu memerlukan site map dan tentunya konten yang terupdate secara berkala :)

      Makasih telah berkunjung

      Hapus
  2. Sangat penting sekali Sitemap untuk sebuah blog/website. Karna Sitemap berguna untuk pengindeksan halaman website atau blog anda disearch engine menjadi lebih mudah ditemukan. salam kenal ya www.maxmoer.com

    BalasHapus

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :