Cara Mudah Install KDEnlive 19 dengan Snap

Joherujo - Salah satu video editor favorit yang digunakan di Linux adalah KDenlive. KDEnlive adalah kepanjangan dari KDE Non Linear Video Editor. Yang bekerja pada sistem GNU/Linux, BSD, MacOS. Dan sekarang juga telah hadir versi untuk sistem operasi Windows.

KDEnlive mimiliki lisensi Free Software,  sesuai dengan Free Software Foundation dan GNU General Public License.

Jika sebelumnya kita pernah install dan menggunakan KDEnlive versi jadoel, gak ada salahnya untuk merefresh-nya ker versi terbaru.

KDEnlive 19

Saat ini KDEnlive memiliki versi 19. Kita bisa mencoba dengan menginstallnya ke komputer kita. Kali ini kita coba untuk menginstall KDEnlive dengan menginstall snapd terlebih dahulu.

Snap merupakan paket aplikasi dengan dependency-nya untuk bisa menjalankan aplikasi linux populer.

Snap sendiri tersedia untuk :
  • Linux Mint 18.2 (Sonya)
  • Linux Mint 18.3 (Sylvia)
  • Linux Mint 19 (Tara)
  • Linux Mint 19.1 (Tessa)

Install Snapd

sudo apt update
sudo apt install snapd


Tunggu proses installasinya sampai selesai yang waktunya tergantung kecepatan koneksi internet kita. Setelahnya kita bisa menikmati versi terbaru dari KDEnlive, versi 19.

Install KDEnlive


sudo snap install kdenlive


Sekedar info, pada KDEnlive terbaru ada ada beberapa perubahan yang memudahkan user dalam melakukan editing video, diantaranya adalah :

Split Audio/Video
Setiap trek kini berupa audio atau video ke timeline, akan secara otomatisbagian audio di trek audio-nya.
Split Audio / Video


Tata letak yang dapat dikonfigurasi

Trek dapat diubah ukurannya secara individual. Misalnya dengan menahan shift akan membuat semua trek video atau audio berubah ketinggian secara bersamaan.
Layout

Navigasi Keyboard
Pada versi ini kita bisa memindahkan klip dan komposisi dengan keyboard. Untuk melakukannya, pilih satu klip dalam timeline dan gunakan fungsi “Grab Current Item” (Shift + G) dari menu Timeline.

Selain itu masih ada perubahan lainnya seperti efect dan transisi, color scope, basic dvd wizard yang bisa kita pelajari saat menggunakan KDEnlive.

Selamat mencoba

Cara Mudah Install KDEnlive 19 dengan Snap Cara Mudah Install KDEnlive 19 dengan Snap Reviewed by Joherujo on Desember 03, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Diberdayakan oleh Blogger.