Solusi Front Audio Tidak Berfungsi

Joherujo -Mendengar musik adalah salah satu bagian yang penting bagi kita, saat santai ataupun ketika kita dituntut untuk bekerja. Karena dengan mendengar musik bisa jadi mood kita terjaga, untuk selalu pada level good mood.

Saat ini telah banyak peralatan untuk mendengar musik, dari yang besar sampai yang kecil seperti speaker aktif ataupun headphone. Begitu juga dari yang wired maupun wireless. Semua mudah ditemukan dengan berbagai variasi model dan harga.

Nah disini kita gak akan ngebahas tentang device tersebut yang wired ataupun wireless. Tapi lebih ke tidak berfungsinya front audio di CPU yang kebetulan saya gunakan di tempat kerja.

Loh kan bisa denger musik dari handphone? Iya betul jo.. tapi saat tahu front audio di CPU tidak berfungsi, rasa-rasanya ada yang tercabik-cabik hehe.. Maksudnya tetap jadi satu hal yang harus diperbaiki. Misalnya saat suatu ketika kita ingin mendengar musik, masa harus menancapkan jack ke audio output di back panel yang tentunya gak asik.Oleh karenanya, mari kita perbaiki.

Analag Stereo Duplex


Periksa berbagai kemungkinan gak ada yang aneh, bahkan di Bios juga sudah dicek, back panel audio semua normal. So... jadi makin penasaran deh.

Beberapa lama cari solusi untuk mengurai masalahnya, akhirnya menemukan satu solusi yang simple dan berhasil menghidupkan fungsi dari front panel audio-nya.

Install PulseAudio Volume Control (pavucontrol) ternyata bisa menyelesaikan permasalahan bisu-nya front panel audio.

Pengaturan Output Device


Caranya cukup ketikkan dari terminal perintah berikut ini :

sudo apt install pavucontrol


Setelahnya lakukan pengaturan aplikasinya dengan memilih profile ke Analog Stereo Duplex.

Akhirnya audio bisa mengalir syahdu dari jack depan CPU.. hehe.
Solusi Front Audio Tidak Berfungsi Solusi Front Audio Tidak Berfungsi Reviewed by Joherujo on Februari 09, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :

Diberdayakan oleh Blogger.