Header Ads

Membuat Start Up Flash Disk/Ubuntu Live FD Dengan Startup Disk Creator

Kita bisa membuat live USB ubuntu dengan menggunakan aplikasi bawaan ubuntu yaitu Startup Disk Creator yang defaultnya telah terinstall.  Dulu pernah saya bikin Live USB linux dengan Unetbootin. Dengan bantuan windows untuk yang belum menggunakan linux, dan sekarang ternyata telah ada juga unetbootin Linuxnya. Next time kita bikin   tipsnya dah :).

Kali ini kita bikin live / USB Startup dari ubuntu kita (saya pakai 10.10) dapat kita akses dari menu Applications | System | Administration | Startup Disk Creator

Bahan yang kita butuhkan :

  • Flashdisk minimal 1 GB
  • File .ISO master ubuntu, atau
  • CDROM  installer ubuntu

Step by step nya :
  1. Pada Source disk image (.iso) or CD, browse-lah ke file .ISO ubuntu, atau kalau menggunakan CDROM Installer ubuntu maka akan secara otomatis terbaca begitu CDROM berhasil di mount.
  2. Kali ini kita gunakan CDROM installer yang kebetulan telah terdeteksi.
  3. Tentukan USB Flashdisk yang akan kita gunakan. Sebaiknya kita pindahkan dulu data yang ada dalam flashdisk tersebut. Pilih  Erase untuk mengosongkan flashdisk.
  4. Klick Make Startup Disk, tunggu proses sampai selesai. Setelah proses selesai kita bisa mencobanya dengan melakukan bootup melalui USB Drive. Untuk melakukannya, pada bios komputer pilihlah untuk melakukan bootup dari USB Flash Drive. Kalau berhasil maka kita akan bisa menggunakan USB Flashdisk kita sebagai Ubuntu Live USB.
Startup Disk Creator
Apabila kita ingin mengembalikan data kita kedalam Flashdisk yang telah disulap menjadi Live USB Ubuntu, maka sebaiknya kita masukkan ke dalam folder atau direktori tersendiri. Misalnya "DATA"  agar nantinya kita tidak bingung dengan isi dari UBuntu Live USB kita. Mana yang sistem atau data.

Kalau penasaran apakah Startup Disk Creator bisa digunakan untuk membuat live USB Flashdisk distro linux selain ubuntu, silakan dicoba sendiri dah.. hehe..

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :