Header Ads

Kebiasaan Yang Bisa Merusak Handphone

Joherujo - Smartphone sudah menjadi satu alat wajib yang menjadi sahabat terbaik banyak orang. Kapan dan dimanapun sudah menjadi kebiasaan untuk menggenggam smartphone.

Selain untuk kebutuhan komunikasi, ponsel juga digunakan sebagai gaya hidup dan simbol kelas sosial. Karena fungsinya yang penting, orang-orang kerap membawa alat komunikasi ini kemana saja.

Meskipun fungsi smartphone itu vital, kita harus memperlakukan perangkat ini dengan benar.  Beberapa kebiasaan-kebiasaan ini tanpa disadari ternyata dapat merusak ponsel. Kenali kebiasaan buruk tersebut agar ponsel anda tetap awat dan bisa digunakan dalam waktu lama.

1. Mengisi Daya Terlalu Lama
Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan pemilik smartphone adalah mengisi daya batre terlalu lama. Dari waktu normal sekitar 1 - 2 jam, seringkali melakukannya selama semalaman.

2. Tidak pernah dimatikan
Kebiasaan pertama yang dapat merusak ponsel adalah jarang sekali atau bahkan tidak pernah mematikan ponsel jika sedang tidak dipakai. Padahal sebenarnya, apabila kita rutin mematikan ponsel maka akan menjaga ketahanan baterai. Ponsel itu sama dengan manusia yang juga membutuhkan waktu untuk istirahat agar komponen yang ada di dalamnya tetap terjaga.

3. Menggunakan Charger Sembarangan
Salah satu contoh yang seringkali kita lihat adalah melakukan pengisian batre menggunakan sembarang charger. Harap diperhatikan sebelum kita melakukan charging agar mengetahui nilai-nilai yang dibutuhkan smartphone kita dan charger lain yang akan digunakan. Lebih baik kita selalu membawa charger original kemanapun kita pergi.

4. Tidak dibersihkan
Sebenarnya smartphone itu adalah sarang kuman. Sebuah penelitian bahkan menemukan bahwa ponsel jauh lebih kotor daripada dudukan toilet atau tempat cuci piring. Hal yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan ponsel anda secara rutin. Caranya cukup dengan melapnya menggunakan kain lembut. Bahkan, jika perlu gunakan sinar ultraviolet untuk membunuh kuman dan mensterilkan ponsel dari kuma.

5. Membiarkan Wi-Fi dan Bluetooth menyala
Terbiasa tidak mematikan Wi-Fi atau Bluetooth setelah menggunakannya. Hal tersebut akan membuat ponsel terus mencari jaringan yang bisa ditangkap. Dengan melakukan hal ini justru akan membuat baterai cepat habis. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk mematikan keduanya jika sudah tidak digunakan, dengan begitu baterai ponsel  akan tetap awet.

Tidak ada komentar

Trims untuk kunjungannya, silahkan berkomentar :